Segeralah Bertaubat

Perintah dan ajuran taubat dalam Islam bersumber kepada Al-Qur’an dan sunnah. Menurut Al-Qur’an, kendatipun manuisa menurut fitrahnya suci dan baik, namun manusia tidak terlepas dari kecendrungan berbuat zalim, kafir, sombong, tergesa-gesa dan putus asa. Oleh karena itu, Allah SWT memerintahkan dan menganjurkan kepada manusia untuk bertaubat dan meminta ampunan-Nya. Allah SWT akan menerima taubat dan mengampuni dosa dan kesalahan manusia, asalkan manusia mau bertaubat dan meminta ampun dengan sungguh-sungguh dan ikhlas.

Taubat itu sendiri berarti kesadaran dan penyesalan akan dosa dan kesalahan yang diperbuat dan berniat akan memperbaikinya. Taubat juga berarti kembali kepada agama yang benar. Taubat adalah hak setiap manusia, baik berdosa ataupun tidak, yang menyelamatkan manusia dari kehancuran setelah mereka melakukan perbuatan dosa dan maksiat.

Syarat-syarat Taubat
Agar taubat yang dilakukan oleh seseorang termasuk dalam kategori taubat sebenarnya (taubat nasuha) maka haruslah memenuhi ketentuan-ketentuan Islam.

      1.Meyesali perbuatan dosa yang dilakukan.
      Nabi Muhammad SAW bersabda : “penyesalan itu adalah taubat” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Ma’qil)
      2. Keinginan yang kuat untuk tidak mengulangi perbuatan dosa.
      3. Melakukan perbuatan baik terus menerus dan mengurangi perbuatan jahat dengan perbuatan baik
      Firman Allah : “ Dan Dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat”. (QS. Hud : 114)

Satu hal yang harus diingat, jika dosa itu berkaitan dengan hak-hak manusia maka selain persyaratan di atas, orang yang bertaubat itu juga harus meminta maaf kepada orang yang disakiti. Selain itu juga harus mengembalikan milik orang tersebut jika ia mengambilnya.

Penyesalan yang benar dan ikhlas mendorong kita untuk memperbaiki diri, menebus perbuatan jahat dengan perbuatan baik, meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta menimbulkan tekad dan niat untuk tidak berbuat maksiat dan dosa lagi selama-lamanya.

Satu Balasan ke Segeralah Bertaubat

  1. ajahindra mengatakan:

    As Salamu ‘alaikum
    Indonesia… negeri yang aneh.
    Jin gentayangan di peradaban manusia.
    Kenapa bisa begini?
    Siapa yang paling bersalah?
    Bisakah kita memperbaikinya?

    http://antimain.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: