Kapankah Kiamat Terjadi?

Kapan Kiamat terjadi ?, Sebuah pertanyaan yang tidak sanggup kita untuk mengkaji kapan kiamat terjadi. Pertanyaan tersebut selalu muncul dan banyak manusia yang berupaya melakukan penyelidikan dengan berbagai disiplin ilmu untuk menjawab persoalan tersebut.

Tahun 2009 kembali dunia dihebohkan dengan sebuah film 2012 tentang kiamat, membuat orang seluruh dunia ingin menyaksikan secara utuh film tersebut, sehingga terjadi antrian dan sulitnya mendapatkan tiket bioskop untuk menontonnya, hal ini terjadi hampir di seluruh dunia. Apakah ini salah satu tanda kiamat?

Islam sendiri memandang kiamat adalah sebuah urusan Tuhan dan manusia tidak akan mampu mengetahui kapan, bagaimana kiamat itu terjadi. Firman Allah . “Orang-orang yang tidak beriman kepada hari kiamat meminta supaya hari itu segera didatangkan dan orang-orang yang beriman merasa takut kepadanya dan mereka yakin bahwa kiamat itu adalah benar (akan terjadi). Ketahuilah bahwa sesungguhnya orang-orang yang membantah tentang terjadinya kiamat itu benar-benar dalam kesesatan yang jauh.” (QS.Asy Syura:18).

Bagi umat islam keimanan dan keyakinan kepada hari kiamat adalah wajib. Meskipun hari kiamat itu ghaib, maka tetaplah tekad kita baik di hati, lisan perbuatan untuk tetap mengimaninya, meskipun demikian ajaran Islam telah memberikan indikasi dan fenomena akan terjadinya kiamat dengan berdasarkan Al Qur’an dan Sunnah Nabi SAW.

Tanda-tanda hari kiamat:

  • Matahari dan bulan bertabrakan dan tidak bercahaya
    Firman Allah “dan apabila bulan telah hilang cahayanya, dan matahari dan bulan dikumpulkan,” (QS. Al-Qiyaamah : 8-9)
  • Matahari terbit dari Barat
    Belum akan tiba kiamat melainkan matahari akan terbit dari Barat. Jika terbit dari Barat maka seluruh umat manusia akan beriman. Pada saat itu tidak bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia belum mengusahakan kebaikan dalam masa imannya.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Tidak ada lagi yang berzikir kepada Allah
    Belum akan kiamat sehingga tidak ada lagi di muka bumi orang yang menyebut : “Allah, Allah.” (HR. Muslim)
  • Wanita lebih banyak dari laki-laki
    “Di antara tanda-tanda kiamat ialah ilmu terangkat, kebodohan menjadi dominan, arak menjadi minuman biasa, zina dilakukan terang-terangan, wanita berlipat banyak, dan laki-laki berkurang sehingga lima puluh orang wanita berbanding seorang pria.” (HR. Bukhari)
  • Pembunuhan dimana-mana
    “ Belum akan tiba kiamat sehingga merajalela ‘Alharju’. Para sahabat lalu bertanya, “Apa itu ‘Alharju’, ya Rasulullah?” Lalu beliau menjawab,”Pembunuhan… pembunuhan…” (HR. Ahmad)
  • Anak membunuh bapaknya, saudaranya dan tetangganya
    Belum akan datang kiamat sehingga seorang membunuh tetangganya, saudaranya dan ayahnya. (HR. Bukhari)
  • Mudahnya manusia menjadi murtad dan kafir
    Mendekati kiamat akan terjadi fitnah-fitnah seolah-olah kepingan-kepingan malam yang gelap-gulita. Seorang yang pagi hari beriman maka pada sore harinya menjadi kafir, dan orang yang pada sore harinya beriman maka pada pagi harinya menjadi kafir, dia menjual agamanya dengan (imbalan) harta-benda dunia. (HR. Abu Dawud)
  • Manusia kembali menyembah berhala-berhala
    Rasulullah SAW bersabda “Belum terjadi kiamat sehingga orang-orang dari umatku kembali menyembah berhala-berhala selain Allah. (HR. Abu Dawud)
  • Ulama langka
    Belum akan terjadi kiamat sehingga anak selalu menjengkelkan kedua orang tuanya, banjir di musim kemarau, kaum penjahat melimpah, orang-orang terhormat (mulia) menjadi langka, anak-anak muda berani menentang orang tua serta orang jahat dan hina berani melawan yang terhormat dan mulia. (HR. Asysyihaab).
  • Bersaing memperindah mesjid dan berlomba membangun bangunan mewah
    Nabi Muhammad SAW bersabda “Belum akan datang kiamat sehingga manusia berlomba-lomba membangun dan memperindah masjid-masjid. (HR. Abu Dawud)
    Sabda Nabi SAW “Belum akan datang kiamat sehingga manusia berlomba-lomba dengan bangunan-bangunan yang megah”. (HR. Bukhari)
  • Harta melimpah dan tidak ada orang yang menerima zakat
    Belum akan tiba kiamat sehingga harta banyak dan melimpah, dan orang ke luar membawa zakat hartanya tetapi tidak ada yang mau menerimanya, dan negeri-negeri Arab kembali menjadi rerumputan hijau dengan sungai-sungai mengalir. (HR. Muslim)
  • Waktu dan masa semakin singkat
    Saat akan tiba kiamat, jaman saling mendekat. Satu tahun seperti sebulan, sebulan seperti seminggu, seminggu seperti sehari, sehari seperti satu jam dan satu jam seperti menyalakan kayu dengan api. (HR. Tirmidzi)
  • Mata terbelalak, apabila mata manusia terbelalak dengan ketakutan yang besar
    Firman allah : Ia berkata: “Bilakah hari kiamat itu?” Maka apabila mata terbelalak (ketakutan),” Al Qiyamaah:6-7)
  • Maksiat di mana-mana
    “Demi yang jiwa Muhammad dalam genggaman-Nya. Tiada tiba kiamat melainkan telah merata dan merajalela dengan terang-terangan segala perbuatan mesum dan keji, pemutusan hubungan kekeluargaan, beretika (berakhlak) buruk dengan tetangga, orang yang jujur (amanat) dituduh berkhianat, dan orang yang khianat diberi amanat (dipercaya).” (HR. Al Hakim)
  • Itulah sebagian tanda dan indikasi akan terjadinya hari kiamat, selain itu yang mesti kita ingat selalu adalah kiamat kecil (mati/ajal) yang sudah pasti akan datang kepada setiap manusia, dan kita tidak mengetahui kapan maut tersebut akan menjemput kita

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: